Kamis, 03 Agustus 2017

[Review] Then & Now by Arleen A


Judul: Then & Now
Penulis: Arleen A
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 344 halaman
Terbit: Mei 2017

Blurb:
Ruita
Gadis dari suku telinga pendek. Ia tidak menyukai suku telinga panjang, apalagi kalau harus bekerja pada mereka. Tapi lalu ia melihat mata itu, mata seorang lelaki suku telinga panjang yang sorotnya seolah dapat melihat kedalaman hati Ruita. 
Atamu
Ia tidak pernah menyangka akan jatuh hati pada gadis dari suku lain yang lebih rendah derajatnya. Tapi apalah arti kekuatan lelkau berusia enam musim panas bila dihadapkan pada akhir yang lama tertulis sebelum dunia diciptakan? 
Rosetta
Ia punya segalanya, termasuk kekasih yang sempurna. Tapi ketika dilamar, ia menolak tanpa tahu alasannya. Ia hanya tahu hatinya menantikan orang lain, seseorang yang belum dikenalnya. 
Andrew
Ia hanya punya enam bulan untuk mencari calon istri, tapi ia tak tahu dari mana harus memulai sampai ia melihat seorang gadis berambut merah. Dan begitu saja, ia tahu ia akan melakukan apa pun untuk mendapatkan gadis itu.
Ini kisah cinta biasa: tentang dua pasang kekasih yang harus berjuang demi cinta. Namun, bukankah tidak pernah ada kisah cinta yang biasa?


 “Dan aku tahu jika kita punya kuasa memutar waktu, aku tetap akan melakukan apa yang sudah kulakukan. Aku akan tetap memilihnya.” – Then & Now by Arleen A.


Di pulau Rana Pui, hiduplah dua suku yaitu suku bertelinga panjang (suku Eepe) dan suku bertelinga pendek (momiki), dari segi fisik yang lain yg membedakan mereka adalah warna kulit, suku Eepe cenderung berkulit putih dan suku Momiki berkulit gelap.

Sekilas tidak ada yang membedakan antara suku Eepe dan Momiki mereka hidup berdampingan dan mempercayai Dewa Makemake, sebenarnya walaupun mereka hidup bersama perbedaan strata sosial sangat menjadi hal yang sensitif antar kedua suku tersebut. 

Sejauh ini mereka cukup menjaga jarak antar kedua suku, sebisa mungkin untuk tidak tercampur,dr segi strata sosial Suku Momiki (telinga pendek) harus menghormati suku Eepe (telinga panjang), termasuk hal pribadi seperti menikah, mereka akan menikah dengan suku masing-masing. Mereka takut kalau Dewa Makemake akan marah, kalau mereka melanggar aturan yang sudah turun menurun, di suatu ketika ada satu pasangan dari suku Eepe dan Momiki jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah, mereka dijatuhi hukuman cambuk, dan si suku Eepe otomatis di turunkan strata-nya.
Then & Now disajikan dalam dua bagian, yang pertama adalah "Dulu" dan yang kedua "...dan Sekarang" dengan kisah yang berbeda pula. Bagian pertama membawa kita pada Rana Pui di zaman dulu, di mana terdapat kesenjangan sosial antara Suku Momoki (telinga panjang) dan Suku Eepe (telinga pendek) dalam menjalani kehidupan mereka. Bisa dikatakan, Suku Eepe bekerja untuk Suku Momoki, entah itu kerja lapangan atau justru di rumah Suku Momoki bagi kaum hawa.

Namun, ketika Atamu dari Momoki tidak bisa melawan takdir yang mengantarkannya pada Ruita dari Eepe, apakah kesenjangan sosial itu betul-betul menjadi jarak bagi keduanya?

Rinci sekali penggambaran tentang Rana Pui ini, membuatku penasaran dengan Easter Island yang sesungguhnya dan misteri di dalamnya. Konflik sosial yang terjadi antar suku juga dibangun dengan emosional. Ngeri juga ya kalau gitu.

Sedangkan bagian kedua juga mengusung kesenjangan pada status sosial yang nyatanya 'tidak benar-benar seperti itu', Andrew ingin membuktikan bahwa ia bisa berdiri sendiri dan bisa mendapatkan 'gadis itu' walaupun dengan kondisinya saat ini.

Benang merah yang terajut antara dua kisah betul-betul dibuat dengan rapi. Feelnya betul-betul dapat gitu, jadi pas nemuin benang merahnya ngerasa "Ah iya! Dulu kan juga gini!" Setelah membaca buku ini, rasanya memang benar kata orang, cinta tidak mengenal apa pun. Tidak tempat, tidak juga waktu. 

"Then and Now, salah satu karya lokal dengan rasa terjemahan. My cup of tea bangets. " - Min Jiha.

"Ini buku ke dia ka @arleen315 yang aku baca setelah dulu sukses di buat kagum dengan Lady in Red, tulisan-tulisan ka arleen itu "Lokal tapi ber taste Luar negeri." - Min Evi.

"Setelah membaca buku ini, rasanya memang benar kata orang, cinta tidak mengenal apa pun. Tidak tempat, tidak juga waktu." - Min Kiki.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

very good I like this paper..................
live draw sydney
live draw sgp
live draw hk

Yose Suparto mengatakan...

TRADING ONLINE
BROKER AMAN TERPERCAYA
PENARIKAN PALING TERCEPAT
- Min Deposit 50K
- Bonus Deposit 10%** T&C Applied
- Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

F1ZR mengatakan...

I really like this article ,, if there is also a good chance you can play to our place here Syair Togel thank you very much

Posting Komentar

 
;