Rabu, 04 Januari 2017

[Review] Little Bit of Muffin by Aiu Ahra


Judul : Little Bit of Muffin
Penulis : Aiu Ahra
Penerbit : Bentang Pustaka
Tebal : iv + 284 halaman
Terbit : November 2016
Harga : Rp59.000

Blurb:

Sugar Bakery, harum kue yang baru matang, pekatnya cokelat, gurihnya krim keju, semua mengingatkan Kesha akan Evan, partner chef yang ia cintai. Pria yang kini pergi jauh, mewujudkan mimpinya studi ke luar negeri. Pria yang bahkan tidak sempat mendengarkan isi hati Kesha yang tersembunyi. Pria yang kemudian membuat Kesha mengambil keputusan, meninggalkan dunia pastry. Mau Kesha hanya satu, melupakan segala tentang Evan di dapur Sugar Bakery. 

Namun, keadaan gawat di Sugar Bakery membuat Kesha terpaksa menarik keputusannya. Ia kembali ke Sugar Bakery dengan seabrek tantangan baru, menyelamatkan bisnis keluarga yang telah dirintis mendiang ayahnya itu. Sekali lagi, Kesha menjejakkan kaki di dapur dengan semua kenangan Evan yang tertinggal. Berbaur kembali dengan resep-resep kue, staf dapur, dan Gathan, partner chef-nya yang baru. 

Tak mudah bagi Kesha menguasai dapur, sementara hatinya masih kalut. Terlebih lagi Gathan bukanlah sosok yang menyenangkan. Kehadiran pria itu sering kali membuatnya jengkel oleh sifat dinginnya. Namun, muffin yang dipanggang pria itu kemudian menghadirkan rasa hangat di hatinya. Mungkinkah cinta dapat terlahir kembali? Lewat gigitan kecil pada muffin yang ia nikmati bersama pria yang juga memendam masa lalu itu?


Source : Cook Diary

“Muffin itu sederhana, apa adanya. Nggak perlu menghiasnya sedemikian rupa, rasanya udah enak. Yah, kayak kamu ini. Nggak perlu didandani, udah enak dilihat.”
Little Bit of Muffin by Aiu Ahra. 
Sudah dua bulan sejak Kesha 'melepaskan' Evan Airlangga, sosok yang menemaninya selama ini di Sugar Bakery, namun nyatanya pria itu masih menjadi tokoh utama di hati dan pikiran Kesha hingga dirinya memutuskan untuk meninggalkan cake shop milik keluarganya itu. Namun, permohonan sang Ibu yang meminta dirinya sekali ini saja kembali ke dapur Sugar Bakery demi membantu sebuah orderan besar, membuat Kesha kembali lagi ke tempat penuh kenangan itu.

“Memang benar ia bersalah dan tak seharusnya pula larut dalam masa lalu.” – page 50, Little Bit of Muffin.

Keputusan untuk kembali ke Sugar Bakery mempertemukan Kesha dengan Gathan Alfariel, pastry chef baru yang mengisi kekosongan pekerjaan yang ditinggalkan Evan,  chef baru yang juga sepertinya menyimpan sebuah rahasia mengenai luka masa lalu. Saat pertama kali bertemu dengan Gathan, Kesha langsung menilai bahwa Gathan adalah orang yang rada sok, bahkan aura dapur langsung berubah menjadi sebeku es saat Kesha melihat wajah Gathan. Namun walaupun seperti itu, ia harus tetap menerima bahwa mulai sekarang mereka akan menjadi partner kerja.


Source : here

“Ia tak ingin harum kue mengingatkannya pada momen-momen itu.” –
page 08, Little Bit of Muffin.
Seiring berjalannya waktu, keduanya sering menghabiskan waktu berdua untuk mengembangkan Sugar Bakery, juga berbagi kisah satu sama lain, saling mengungkap luka masa lalu. Kemudian Kesha merasakan sesuatu yang berbeda, Gathan terasa sangat berbeda jika dibandingkan saat pertemuan pertama mereka. Lalu, apakah Gathan adalah orang yang bisa membantu Kesha merajut lupa akan masa lalu? Apakah ialah pria yang dapat menggantikan posisi Evan di hati Kesha, sebagaimana Gathan sebelumnya menggantikan posisi Evan di dapur Sugar Bakery?


“Karena satu-satunya yang bisa dilakukan orang patah hati Cuma melupakan. Jadi lupakanlah.” - Little Bit of Muffin by Aiu Ahra. 


***

Dari enam buku dari Yummylit series (yummylit.com), ini adalah buku pertama dari seri ini yang kubaca sekaligus juga buku pertama dari penulis yang kucicipi. Dan ini bagai candu yang menjadi awal untuk mulai 'mencicipi' buku-buku lainnya dari seri ini. Little Bit of Muffin menyuguhkan kisah yang memang sudah biasa kita temukan atau bahkan sudah pernah kita rasakan, yaitu sang tokoh utama yang terpuruk dan sedang berusaha melupakan masa lalu. Namun, Aiu Ahra menyajikannya dengan nuansa berbeda, mengingat bahwa para tokoh utama berprofesi sebagai chef, pembaca bahkan akan diajak ke dapur dan disajikan pula berbagai resep yang siap untuk dipraktekkan. Mamaku bahkan tertarik dan mengajakku untuk membuat muffin sesuai dengan resep yang ada di buku ini.

Tidak jarang juga para tokoh berfilosofi dengan mengaitkannya dengan macam-macam kue atau bahkan bahan dasarnya, ini serasa unik buatku. Favoritku adalah yang mengaitkan cinta dengan gula, bahwa keduanya sama-sama memang menyenangkan namun tidak baik jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik dikonsumsi terlalu banyak, Little Bit of Muffin juga tidak berlebihan dalam menyajikan segi romantisnya, Aiu Ahra menyajikannya sesuai kadar yang tepat, bahkan ada tokoh yang pernah bertanya apakah dia kurang romantis?  nyatanya, tokohnya romantis dengan caranya masing-masing walau itu hanya hal kecil namun sudah terasa manis

Tapi buatku, peran Lidya masih sedikit terasa kurang, aku sebenarnya ingin melihat bagaimana Lidya dan Fredi jika berada di satu tempat, atau mungkin lebih baik jika disajikan flashback potongan adegan saat Gathan dan Lidya bekerja di dapur yang sama sambil bercengkrama, atau sesuatu lain yang bisa membuatku ikut mengagumi Lidya. Penyajian Little Bit of Muffin sudah sangat nyaman untuk dibaca dan tidak membuat mata lelah sebab tidak terlalu padatnya kata antar kata, sayangnya aku masih menemukan typo, yaitu:
  • halaman 52 : dengan lak-laki ini. 
Yang seharusnya di situ : dengan laki-laki ini.

Overall aku amat merekomendasikan Little Bit of Muffin bagi kalian yang sedang berusaha merajut lupa akan masa lalu, mecari sebuah kisah dengan kadar romantis namun tidak terlalu berlebihan, namun aku memperingati kalian, jangan membacanya di tengah malam dalam keadaan lapar karena ini betul-betul membuat ingin makan sesuatu bahkan hanya dengan membaca nama kue-kue di buku ini, apalagi sambil searching gambar di google! Aduh mending jangan deh, kecuali kalian sedang memiliki stock kue yang bisa dinikmati saat membaca buku ini di keheningan malam.

Untuk kalian yang ingin membayar rasa penasaran terhadap yummylit series, bisa mengunjungi web yummylit.com untuk mencari tahu lebih banyak informasi tentang series terbitan Bentang Pustaka ini.  

6 komentar:

Khayalan Anak SMK mengatakan...

Disarankan untuk yg sedang merajut lupa akan masa lalu. Aku bangettt😭 semoga novelnya sukses dan jadi best seller😊

Khayalan Anak SMK mengatakan...

Disarankan untuk yg sedang merajut lupa akan masa lalu. Aku bangettt😭 semoga novelnya sukses dan jadi best seller😊

Unknown mengatakan...

Beberapa kali baca reviewnya di berbagai blog dan masih tetap excited. Sama-Sama punya luka dimasa lalu. Ceritanya ringan dan kayaknya cocok kalau dibacanya sambil makan muffin:3 reviewnya keren kak^^

Unknown mengatakan...

Wahhh keren, kisah yang menggambarkan dunia chef dengan kerumitan kisah dibalik setiap sajian muffin.

Unknown mengatakan...

baru baca review nya ajaa udah bisa ikut merasakan feel nya novel ini . sweet dan lembut seperti muffin . dan bagaimana perjuangan seorang chef untuk menyajikan hidangan yang lezat :)

Bian Karyawan Pabrik mengatakan...

Dari baca reviewnya menarik bgd,kisah percintaan chief yg jarang bgd ditemukan dinovel-novel yg lain.Buat orang-orang yg terjebak dikisah masa lalu kaya'a Little Bit Of Muffin ini pas bgd buat dibaca..
kisah'a susah ditebak,penasaran dgn siapa akhirrnya kesha menentukan hatinya

Posting Komentar

 
;